FREE DOWNLOAD APLIKASI JAVA, ISLAMI, BERITA TERBARU & KUMPULAN MOTIVASI

FREE DOWNLOAD APLIKASI JAVA, ISLAMI, BERITA TERBARU & KUMPULAN MOTIVASI

Label

Selasa, 13 Maret 2018

Cara Membahagiakan Orang Tua


Mengingat begitu besar jasa orang tua kepada anak, maka tentu hal yang sepatutnya dilakukan oleh seorang anak adalah membalas dengan kebaikan. Tetapi kenyataan yang ada di depan mata kita pada zaman sekarang, begitu banyak anak yang tidak memperlakukan orang tua dengan baik sebagaimana mereka telah merawat kita sampai besar dengan baik. Allah mengingatkan kita, bagaimana jasa orang tua terutama ibu dalam membesarkan kita. Allah berfirman, "Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.” (QS. Al-Ahqaf: 15)

Allah juga memperingatkan kita dosa apa bila durhaka kepada kedua orang tua. Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wassalam bersabda, "Apakah kalian mau kuberitahu mengenai dosa yang paling besar?” Para sahabat menjawab, “Mau, wahai Rasulullah.” Beliau lalu bersabda, “(Dosa terbesar adalah) mempersekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.” Beliau mengucapkan hal itu sambil duduk bertelekan pada tangannya. (Tiba-tiba beliau menegakkan duduknya dan berkata), “Dan juga ucapan (sumpah) palsu.” Beliau mengulang-ulang perkataan itu sampai saya berkata (dalam hati), “Duhai, seandainya beliau diam.” (HR. Bukhari 2654).
Untuk itu bahagiakanlah orang tua dan berbaktilah. 

Tips membahagiakan orang tua dalam islam:
1. Jangan sakiti hati orang tua
’Abdullah bin ’Umar radhiyallahu ’anhuma berkata, ”Membuat orang tua menangis termasuk bentuk durhaka pada orang tua.” (Birr Al-Walidain, hlm. 8, Ibnul Jauziy)

2. Turuti perintah keduanya, bukan perintah kemaksiatan
Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wassalam bersabda, "“Taatilah ayahmu selama dia hidup dan selama tidak diperintahkan untuk bermaksiat.” (HR. Ahmad 2:164)

3. Berakhlak baik pada keduanya
Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wassalam bersabda, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu, berbuat baiklah kepada keduanya.” (HR. Muslim 2549)

4. Bahagiakan keduanya walau sudah tiada
Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya, pen.). (Bentuknya adalah) mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR. Abu Daud, no. 5142)

Semoga Allah Subhanallahu Wa Ta'ala menjadikan kita anak yang berbakti. Wallahu waliyyut taufiq.

Penulis : Yohan Firmansyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar